Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6-Makanan untuk Kesehatan Akar Rambut


Hai Sobat, Gimana kabar Nih, Semoga Kalian selalu dalam keadaan yang sebaik - baiknya amin. Nah ketemu lagi nih sama mimin, pada postingan kali ini mimin memberikan sedikit informasi untuk kalian mengenai 6 Makanan untuk kesehatan Akar Rambut. yuk di simak ya, supaya Rambut Kalian sehat dan Kuat.


Makanan untuk kesehatan akar rambut merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Akar rambut yang lemah, kering, dan kurang nutrisi rentan mengalami kerusakan dan kerontokan. Selain dapat mengganggu penampilan, rambut yang mudah rontok ataupun patah juga membuat seseorang menjadi insecure.

Makanya, tidak heran jika banyak orang yang rela mengeluarkan uang cukup banyak untuk melakukan perawatan rambut secara maksimal. Lantas, bagaimana untuk orang-orang yang tidak punya uang untuk perawatan ke salon maupun ke klinik kecantikan?

Tenang, kawan. Tidak ada kayu rotan pun jadi. Untuk mendapatkan rambut sehat, berkilau, dan kuat tidak melulu harus mengeluarkan uang begibun. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang ada kandungan penguat akar rambutnya. Berikut beberapa makanan untuk kesehatan akar rambut. 

1  Makanan yang Tinggi Protein

Makanan untuk kesehatan akar rambut yang pertama adalah yang mengandung protein tinggi. Seseorang yang kekurangan protein, selain tubuh terlihat lemas, rambut juga gampang patah, rontok, kering, dan rapuh. 

Makanan untuk kesehatan adalah makanan yang biasanya ada di dalam buah, sayur, maupun prodak hewani yang masih alami. Contoh makanan yang mengandung protein tinggi, diantaranya: Telur, ikan, kacang-kacangan, bayam, ubi, ayam, brokoli, dan susu. 

2. Makanan yang Mengandung Vitamin B

Para pakar kesehatan menerangkan, bahwa tubuh yang kekurangan vitamin B, salah satu dampaknya rambutnya akan mudah rontok dan rapuh. Cara mengatasinya dengan memberikan perawatan dari dalam. Yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B.

Untuk mendapatkan vitamin B atau biotin secara optimal, disarankan untuk mengkonsumi: salmon, kacang-kacangan, hati, kuning telor, susu, dan biji-bijian. Makanan-makanan tersebut diberpacaya kaya akan biotin.


 

3. Kacang-Kacangan yang Mengandung Vitamin 3

Makanan untuk kesehatan akar rambut, selain vitamin B juga diperlukan vitamin E yang cukup. Makanan yang ada kalori serta lemak yang cukup dapat menjaga kestabilan metabolisme tubuh. Termasuk pula kesehatan rambut. 

Karena pada dasarnya omega 3 dan omega 6 yang ada di dalamnya, dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus mencegahnya dari rontok dan kerusakan. Makanan yang mengandung vitamin E, contohnya: Kacang almond dan kenari.

4. Makanan yang Mengandung Zat Besi

Makanan untuk melindungi rambut dari kerontokan yang tidak kalah populer yaitu yang mengandung zat besi. Berdasarkan penjelasan dari para pakar kesehatan yang beredar di media-media, orang yang kekurangan zat besi memiliki resiko tinggi untuk mengalami kerontokan rambut. 

Zat besi adalah makanan yang berfungsi untuk menutrisi folikel-folikel rambut. Makanan yang tingi zat besi, diantaranya: bayam, kangkung, dan brokoli

5. Makanan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C adalah kandungan yang bermanfaat untuk menjaga antioksidan. Seseorang yang kekurangan vitamin C, selain tubuh terasa lunglai, letih, lemas, dan bibir pecah-pecah juga akan membuat rambutnya menjadi gampang rontok dan patah.

Istimewanya lagi, selain memiliki antioksidan vitamin C juga dapat meningkatkan produksi kolagen. Yang mana hal tersebut sangat berkasiat untuk memperkuat akar rambut. Makaman yang mengandung vitamin C, contohnya: jeruk, kiwi, stawbery, pepaya, jambu biji, dan lain sebagainya. 

6. Makanan yang Mengandung Zinc

Zink adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur pembelahan sel dan juga mengatur sintesis protein. Termasuk pula dalam proses pertumbuhan rambut. Berdasarkan penelitian, orang yang kekurangan zinc mengalami kerontokan rambut. 

Makanan yang mengandung zinc, diantaranya: unggas, daging sapi atau kambing, ikan berlemak, kepiting, lobster, kerang, kacang kedelai, kacang merah, jamur, buncis, dan kangkung.

Makanan untuk kesehatan akar rambut tersebut dapat dikonsumsi secara rutin dan sesuai dengan kebutuhan.