Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Awet Muda dan Cantik Alami untuk Perempuan


Tips Agar Awet Muda dan Cantik Alami untuk Perempuan



Awet muda dan cantik, merupakan bagian dari kesempurnaan penampilan yang diinginkan setiap wanita. Tak heran, jika banyak perempuan yang rela menghabiskan isi dompetnya untuk perawatan. Lantas, bagaimana nasib perempuan yang tidak punya uang? Apakah bisa berpenampilan cantik dan menawan? Tentu, jawabannya bisa. Berikut Kang Tulis sajikan cara agar awet muda dan cantik alami yang dapat kamu praktikkan dengan biaya minimalist. Bahkan gratis.


1. Minum Air Putih yang Cukup


Teori tentang manfaat air putih untuk kesehatan, tentu sudah sering kita dengar. Para pakar kesehatan, seperti dokter dan perawat, sering memberikan penganjuran kepada pasiennya untuk mengkonsumsi air putih setiap harinya. Hal ini, tentu bukan tanpa alasan. Berdasarkan penelitian, 64 persen struktur kulit manusia tersusun dari cairan.


Lantas, apakah air putih punya pengaruh yang signifikan untuk kecantikan? Beberapa diantara kita pasti mempertanyakan hal ini. Berdasarkan informasi yang Kang Tulis rangkum dari beberapa sumber. Rutin mengkonsumsi air putih, dapat meningkatkan ketebalan dan kepadatan kulit. Selain itu, sirkulasi darah juga akan berjalan lebih lancar. Tentu, hal ini berakibat baik untuk kelembapan dan kecerahan kulit.


Sedangkan, tubuh yang sering dehidrasi diklaim lebih rentan mengalami proses penuaan dini. Ketika cairan di dalam tubuh berkurang, maka, kulit akan terlihat keriput, layu, kusam, kering, dan tidak elastis. Secara otomatis, aura kecantikan akan tenggelam.


2. Hindari Stress


Pikiran merupakan awal dari kesehatan fisik dan jiwa. Kalian pasti sering mendengar quote itu kan? Mengelola pikiran agar tetap berpikiran positif dan baik, memang bukan perkara mudah. Apalagi, ketika sedang difase banyak masalah. Cemas, bad mood, gelisah, dan perasaan-perasaan negatif lainnya lebih mudah mendominasi pikiran kita.


Jika perilaku buruk ini dibiarkan terus menerus, akan berdampak buruk pada kecantikan kulit. Ketika seseorang stress, tubuh secara alami akan meningkatkan hormon kortisol. Yang mana, hormon Kortisol ini membuat kulit memproduksi minyak lebih banyak.


Kadar minyak yang terlalu berlebih dapat membuat kulit lebih mudah terserang gangguan. Seperti; berjerawat, biduran, kulit gatal-gatal, ruam,  dan lain sebagainya. Jadi, agar awet muda dan cantik alami, kelola pikiran dari stress ya, kawan.


3. Olahraga


Tips agar awet muda dan cantik alami yang ketiga yaitu; olahraga. Selain bisa menjaga tubuh tetap bugar, olahraga juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kecantikan. Tak heran, jika para selebgram, selebritis, artis dan model, ditengah-tengah kesibukannya, mereka selalu menyempatkan waktu untuk berolahraga.


Ketika berolahraga, darah akan mengalir lebih lancar dan optimal ke seluruh tubuh. Sehingga, tubuh lebih maksimal mendapatkan oksigen dan menyerap nutrisi ke dalam sel-selnya. Selain itu, saat olahraga, keringat akan lebih mudah keluar dari tubuh. Keringat-keringat inilah yang nantinya membantu kulit dalam mengeluarkan racun dan kotoran yang ada di dalam tubuh.


Manfaat olahraga untuk kecantikan kulit selanjutnya yaitu; meningkatkan produksi kolagen. Sebagaimana yang kita ketahui, kolagen merupakan protein yang sangat penting dan diperlukan oleh tubuh. Dengan mempunyai asupan protein yang cukup, struktur pada tulang, rambut, kuku, gigi  dan kulit akan lebih kuat dan sehat. Begitupula sebaliknya. Kekurangan kolagen, akan membuat kulit keriput, wajah kusam, dan rentan terserang masalah penuaan dini lainnya.



4. Senam Wajah


Senam wajah merupakan salah satu alternatif untuk membuat kulit tetap cantik dan awet muda. Ada beberapa gerakan yang perlu dilakukan secara rutin supaya senam wajah memberikan dampak yang signifikan. Seperti; Menyebut huruf O dan E, menguap, dan memberi kecupan.


Ketika mulut kita menyebut huruf O dan E,  otot Orbicularis oris dan otot Massetter akan mengencang. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu dapat melakukan rutinitas tersebut 30 detik setiap harinya.


Menguap. Selain sebagai kode mengantuk, ternyata ia juga bisa dimanfaatkan agar awet muda dan cantik alami. Gerakan sederhana ini dapat membuat otot-otot rahang menjadi kencang. Supaya proses penguapan lebih terasa sekaligus meresap ke dalam jiwa, kamu dapat mengarahkan pandangan mata ke langit-langit sambil membuka mulut selebar-lebarnya selama 3 detik. Supaya hasilnya ideal, kamu bisa mengulanginya sampai 15 kali.


Gerakan senam ketiga yaitu, seperti memberi kecupan pada gebetan. Mohon maap untuk yang jomblo. Kang Tulis tidak bermaksud menyinggung. Tapi mamerin. Ehh. Hihi. Supaya tidak dianggap gila, kamu bisa melakukan gerakan kecupan ini di dalam kamar ketika sendirian. Biar lebih terasa kecupannya, kamu bisa coba kecupin bibir ke tembok. Upst. Selain baik untik kekencangan otot rahang, senam kecupan juga baik untuk mengencangkan otot-otot di kening, pipi, dan bibir.


5. Istirahat yang Cukup


Siapa nihh, yang hobi begadang malam sampai lupa tidak tidur seharian demi mendapatkan cuan? Hayooo ngaku! Perilaku buruk ini, selain beresiko pada kesehatan tubuh, juga berakibat fatal pada kecantikan kulit. Bahkan bisa dikategorikan penyiksaan pada tubuh. Sebagaimana kita, tubuh juga mempunyai hak-hak yang harus dipenuhi, agar awet muda dan cantik alami.


Ketika manusia tidur, kulit melakukan proses regenerasi atau melahirkan kulit baru yang lebih segar. Jika kita sering begadang dan kurang tidur, secara otomatis produksi kolagen di dalam tubuh tidak maksimal. Akibatnya, sel kulit mati akan menumpuk. Jika sel-sel kulit mati sudah menumpuk, maka masalah kulit seperti; kusam, keriput, kendur, akan segera menghampiri.


6. Murah Senyum


Untuk kalian yang hobi manyun dan marah-marah, mulai sekarang kurangin ya. Selain merusak pemandangan mata, manyun juga dapat membuat kulit cepat tua dan keriput. Daripada wajah jelek di usia muda, lebih baik kurangin manyunnya. Yeekan?


Secara teori, ketika tersenyum tubuh akan mengeluarkan neurotransmiter berupa endorfin. Senyawa ini sering disebut dengan hormon bahagia. Endorfin ini, selain baik untuk menenangkan perasaan, meningkatkan mood, mengurangi rasa sakit, ia juga dipercaya dapat memperlambat proses penuaan dini.


Sedangkan, ketika marah, tubuh akan lebih dominan memproduksi noradrenaline. Senyawa noradrenaline inilah yang mengakibatkan imun tubuh menjadi lemah. Sehingga, ia lebih mudah terserang penyakit, stress, dan mempercepat proses penuaan.


7. Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan


Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan secara cukup, membuat tubuh ternutrisi secara optimal. Sehingga, ia dapat melakukan perlindungan yang baik dari serangan radikal bebas. Serta, mempunyai ketahanan maksimal untuk melakukan perbaikan pada sel-sel kulit yang rusak.


Makanan-makanan yang mengandung antiosidan seperti; Wortel, Tomat, Bayam, Blueberry, dan Semangka. Sayur dan buah-buahan tersebut selain mengandung aktiosidan, ia juga memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi. Vitamin C inilah, yang nantinya merangsang tubuh untuk melahirkan kolagen secara optimal. Sehingga kondisi kulit menjadi lebih kenyal, elastis, segar, cantik alami dan awet muda.


Kawan, itulah tujuh tips sederhana agar awet muda dan cantik alami. Bagaimana? Mudah dilakukan bukan? Heem... menariknya lagi, tips-tips tersebut dapat kamu praktikkan secara gratis. Yuk percantik diri Kalian mulai dari sekarang.