Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Wajah Bruntusan Akibat Skincare yang Mudah Dilakukan

 




Bruntusan pada wajah seringkali terjadi akibat tidak menggunakan jenis skincare tertentu. Permasalah kulit ini, selain membuat tidak nyaman, juga mengganggu pemandangan mata. Apalagi, jika bruntusannya banyak dan menyebar di seluruh wajah. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut Kang Tulis sajikan 4 cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare. 

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Bruntusan, sering kali diakibatkan oleh kotoran yang menumpuk di permukaan kulit wajah. Seperti sisa make up dan debu. Untuk meminimalisir bruntusan agar tidak bertambah parah, bersihkan wajah dengan clenser, toner, ataupun air mawar. Setelah itu, cucilah wajah dengan menggunakan sabun. 

Lakukan pembersian wajah setelah selesai beraktifitas di luar, setelah bangun tidur, dan akan tidur. Hal-hal sederhana ini seringkali kita abaikan. Apalagi ketika badan sudah merasa capek, tak jarang kita langsung tidur sebelum membersihkan wajah. 

Tidur sebelum membersihkan wajah adalah pantangan dalam dunia kecantikan. Karena, kotoran-kotoran yang dibiarkan menempel di kulit akan menyumbat pori-pori dan menghambat aliran darah. Dampak buruknya, wajah menjadi berjerawat, bruntusan, dan kusam.




2. Hindari Menyentuh Area Kulit yang Bruntusan

Wajah yang bruntusan, biasanya memang menimbulkan rasa gatal. Tak jarang, karena tidak kuat menahan rasa gata ini, kami memilih jalan pintas yang menyrsatkan. Hal umum, namun sebenarnya larangan, yang sering kita lakukan adalah melukai dan mencet-mencet wajah yang bruntusan. Mungkin, seketika terasa lega dan gatalnya hilang. Tapi, sebenarnya, dia melahirkan permasalahan baru. 

Wajah bruntusan yang dipencet-pencet, berisiko besar mengalami peradangan dan iritasi. Apalagi, parahnya lagi, bisa melahirkan bruntusan yang lebih banyak lagi. Berdasarkan informasi yang kang tulis dapatkan dari Hellosehat, peradangan akan membuat pori-pori membengkak, dan akhirnya menimbulkan bekas luka. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa gatal selain kecantikan? Kamu bisa mencoba mengkompres dan menekan pelan-pelan wajah yang bruntusan dengan air hangat. Sedikit repot sih, tapi minim resiko. 

3. Hentikan Pemakaian Skincare yang Tidak Cocok

Jika sudah ada indikasi bruntusan diakibatkan oleh skincare yang kamu gunakan, maka segera hentikan pemakaian. Sebagus dan semahal apapun sebuah skincare, kalau tidak cocok ya tidak cocok. 

Ciri-ciri yang cukup mencolok, saat kulit tidak Skincare yang digunakan adalah; wajah terasa panas atau seperti terbakar, muncul jerawat, bruntusan, gatal-gatal, dan kemerah-merahan. 

Cara yang cukup efisien untuk meminimalisir resiko tidak cocok dari skincare yang kita beli adalah; baca dengan jeli setiap ingredients yang ada di dalam produk tersebut. Jika ada salah satu bahan yang membuat kita alergi, alangkah baiknya, urungkan untuk membeli. 

4. Oleskan Pelembab Secara Rutin

Cara mengatasi bruntusan akibat skincare, bisa juga dengan melembapkan pelembab secara rutin. Pelembab yang direkomendasikan untuk wajah bruntusan dan berjerawat yaitu, yang mengandung bahan antibakteria. Seperti jerawat. 

Berdasarkan penjelasan dari American Academy of Dermatology yang dikutip oleh Hellosehat, mengatakan bahwa: menggunakan atau melembapkan pelembab pada wajah yang bruntusan setiap hari, dapat membantu kuli tetao lembab. Hal ini, akan meminimalisir rasa gatal dan juga kulit kering bersisik.

5. Gunakan Tabir Surya

Tabir surya merupakan rangkaian perawatan kulit yang wajib bin harus dilakukan setiap hari. Terutama ketika beraktifitas di luar rumah dan tertepa sinar matahari. Dampak buruk dari sinar ultraviolet sudah banyak dijelaskan oleh para pakar kecantikan. Tak jarang pula, salah satu penyebab bruntusan adalah karena paparan sinar matahari.

Itulah 5 cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare. Bagaimana? Mudah dilakukan kan? Semangat tampil cantik kawan. Selamat berjuang untuk menyembuhkan jerawat.