Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami




Memiliki rambut rontok seringkali membuat kita jengkel dan ingin emosi. Apalagi ketika rambut kita sudah mulai menipis dan mulai terlihat kulit tempurung kepalanya. Masalah rambut rontok ini, selain gangguan penampilan, juga mengganggu kebersihan. Rambut rontok yang tidak diselesaikan, kerap kali mudah terjatuh dan tercecer dimana-mana. Untuk mengatasi masalah tersebut, kang tulis telah menyiapkan tips merawat rambut rontok secara alami. 

1. Minyak Zaitun

Cara merawat rambut rontok yang pertama yaitu dengan memanfaatkan minyak Zaitun. Minyak yang diektrak dari buah zaitun ini mengandung banyak sekali vitamin dan zat lain yang baik untuk menutrisi rambut dan kulit kepala. 

Kandungan yang ada di dalam minya Zaitun, diantaranya; Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Asam Palmitat, Asam fol9at, Squalene, Biotin, dan Antibakteri. Selain baik untuk mencegah kerontokan rambut, Minyak Zaitun juga berkasiat untuk menumbuhkan rambut. Sehingga, rambut yang semula tipis, bisa menjadi lebat kembali. 

Berdasarkan penelitian, selain berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut, ia juga bisa mengurangi atau meminimalisir terjadinya stres oksidatif yang berdampak pada kerontokan rambut. 

Cara menggunakan minyak zaitun sebagai masker : Pertama, hangatkan minyak zaitun secukupnya. Setelah itu oleskan minyak zaitun dari akar rambut sampai ke ujung rambut. Sambil kepalanya dipijat pelan-pelan supaya terjadi rileksasi, dan nutrisi dari minyak zaitun bisa terserap sempurna. Kemudian diamkan lima belas sampai tiga puluh menit (15-30) menit. Terakhir, keramasi rambut sampai bersih. 

2. Lidah Buaya

Manfaat Aloe Vera untuk rambut cukup familiar di telinga masyarakat. Karena memang, tanaman yang penuh manfaat ini, sudah digunakan sebagai perawatan rambut dan kulit sejak zaman purbakala. Ehh bukan ding. Maksudnya, sejak zaman nenek moyang. 

Nutrisi yang terkandung di dalam Aloe Vera atau lidah buaya terbilang cukup kompleks. Makanya, gak heran, jika sering digunakan sebagai bahan pembuatan produk kecantikan. Zat positif yang ada di dalamnya seperti; Vitamin A, B, C, E, B12, Asam Folat, Aloenin, dan Kolagen. 

Cara menggunakan lidah buaya untuk merawat rambut rontok sangat mudah dan sederhana. Kamu hanya perlu membagi Lidah Buaya menjadi dua bagian. Kemudian, Anda ambil daging atau gel yang ada di tubuh Aloe Vera tersebut. Lalu oleskan secara merata ke rambut dan tunggu sekitar 30 menit. Terakhir, bilas atau keramasi rambut hingga bersih. 

3. Minyak Kelapa




Bahan alami untuk mengatasi rambut rontok yang ketiga yaitu manfaatkan minyak kelapa. Untuk kalian yang lahir pada tahun 90an ke atas, pasti tidak asing dengan minyak rambut yang terbuat dari buah kelapa. Orang Jawa menyebutnya Minyak kletik. Minyak ini memiliki bau yang sangat harum sekali. Ia biasanya dugunakan untuk melembabkan rambut kering. 

Kandungan di dalam Minyak Kelapa diantaranya; Asam Laurat, memiliki sifat antibakteri, anti jamur, asam oleat, asam kaprat, dan asam linoleat. Zat-zat ini jika diaplikasikan untuk perawatan rambut, kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Seperti, rambut akan menjadi lebih sehat, berkilau, lembab, meminimalisir kerontokan, mengobati ketombe, dan lain sebagainya. 

Cara menggunakan: minyak oleskan kelapa ke seluruh rambut hingga poduk kulit dasar kepala. Pijat-pijat sampai syaraf-syaraf kepala merasa tenang, rileks, dan nyaman. Terdapat dua cara untuk menggunakan minyak kepala ini. Bisa digunakan setelah keramas, maupun sebelum keramas. 

4. Bawang Putih dan Bawang Merah

Selain bermanfaat untuk menyedapkan makanan, bawang putih dan bawang merah bisa dimanfaafkan untuk merawat rambut rontok. Menurut informasi yang kang tulis dapatkan dari Kompas, dengan menggunakan masker bawang merah dan bawang putih, rambut akan mengalami pertimbuhan secara merata ke area kepala. Untuk kalian yang mengalami masalah rambut rontok atau botak, bisa mencoba mengeringkan cara ini. 

Cara penggunaan: sama seperti bahan-bahan yang dijelaskan di atas. Menggunakan masker Bawang Merah dan Bawang putih untuk perawatan rambut pun, tak kalah simpel. Kamu hanya perlu menumbuk atau memarut bawang merah dan butih menjadi lembut. Kemudian, oleskan merata ke rambut. Tunggu 15 menit. Lalu keramasi hingga bersih. 

Itulah cara sederhana dan simpel merawat rambut rontok. Bahan-bahan yang digunakan tergolong memiliki nilai jual yang murah dan mudah ditemukan. Selamat mencoba kawan.