Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Eksfoliasi wajah dengan bahan alami untuk kulit berjerawat

 




Exfoliating wajah dengan bahan alami untuk kulit berjerawat, seringkali menjadi alternatif yang dipilih oleh orang-orang yang menyukai perawatan dengan produk alami. Selain bisa dipastikan keamanannya, exfoliating dengan bahan alami juga lebih hemat badget. 

Exfoliasi wajah merupakan rangkaian perawatan yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan melakukan exfoliating secara rutin, sel-sel kulit mati di wajah akan terangkat. Efek baiknya, kulit akan terlihat lebih segar, sehat, dan cerah. 

Banyaknya produk exfoliasi yang beredar di pasaran membuat kita lebih mudah untuk melakukan kegiatan exfoliating. Namun, kemudahan kemudahan ini, seringkali tidak berlaku untuk pemilik kulit sensitif dan berjerawat. Jika kamu salah satu pemilik problem tersebut, kamu bisa mencoba exfoliating dengan bahan alami, yang Kang Tulis rangkum di bawah ini. 

1. Minyak Zaitun dan Kopi

Selain berbentuk butiran halus, Kafein yang terkandung di dalam kopi, dapat membantu melebarkan pembulu darah di dalam kulit. Secara otomatis, darah akan mengalir lebih lancar. Hal ini, tentu sangat berdampak positif untuk membantu proses pencerahan wajah. Selain itu, sifat antimicroba yang ada di dalam kafein dan Kloregenat efektif untuk menenangkan kulit. 

Manfaat lain yang tak kalah menarik dari kopi untuk kecantikan wajah adalah; Mengurangi peradangan, anti penuaan, bisa dijadikan sebagai scrub, dan mengurangi selulit. Hal ini akan memberikan efek yang maksimal bila dicampur dengan minyak zaitun. 

Selain membantu membasi tekstur kopi, minyak zaitun juga mengandung segudang kasiat untuk kecantikan wajah. Materi positif yang ada di dalamnya, diantaranya; Omega 6, omega 3, vitamin B komplek, dan vitamin E. Yang mana bahan-bahan tersebut dapat membantu melembabkan kulit dan melindungi kulit dari serangan radikal bebas jahat. 




2. Gula Pasir dan Madu

Gula pasir, merupakan salah satu bahan makanan yang sering digunakan untuk exfoliating wajah. Namun, untuk kalian yang memiliki kulit berjerawat dan sensitif, harus berhati-hati dalam mengaplikasikannya. Gosokkan secara perlahan-lahan saja. Jangan terlalu keras. Karena butiran-butirannya yang keras ini, seringkali tanpa kita sadari membuat kulit tergores. 

Kasiat madu sudah tidak diragukan lagi. Kandungan humektan yang ada di dalam madu, membuatnya banyak digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan produk kecantikan. Karena Humektan bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah dan membuat peremajaan pada kulit. 

3. Teh Bekas

Exfoliasi wajah dengan bahan alami untuk kulit wajah bernerawat yang ketiga yaitu Ampas Teh. Kalau kalian sering menyeduh teh dipagi hari, jangan lupa simpan ampasnya. teh ini baik digunakan untuk pengelupasan wajah. Kenapa? Karena, ampas bekas pada teh mengandung katekin. Yang mana, katekin ini berfungsi sebagai antibakteri sekaligus membantu menyeimbangkan hormon, agar kemunculan jerawat bisa diminimalisir. 

Caranya: Gosok secara perlahan ampas-ampas teh tesebut ke wajah. Kemudian sekitar 10 menit. Lakukan perawatan sederhana ini secara rutin. Minimal 1 minggu sekali. Maksimal 2 minggu sekali. Karena, eksfoliasi yang berlebihan, justru pujian terhadap keadaan kulit. 

4. Garam

Garam merupakan salah satu bahan dapur yang sering dimanfaatkan untuk exfoliating wajah juga. Terutama garam himalaya yang warnanya merah muda. Karena, garam ini mengandung mineral yang sangat tinggi. Sehingga, sangat baik untuk menutrisi kulit. 

Namun, jika tidak punya garam Himalaya, bisa menggunakan garam biasa. Berdasarkan informasi yang kang tulis dapatkan dari Klikdokter, garam bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan jerawat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral, kalium, sodium, magnesium, dan kalsium. 

Exfoliasi wajah dengan bahan alami untuk kulit berjerawat bisa kamu dapatkan dengan mudah di sekitar rumah. Apalagi, beberapa diantaranya ada di dalam dapur.