Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Paling Ampuh Atasi Rambut Rontok dan Ketombe Secara Alami

 



Memiliki rambut yang indah dan sehat tentu saja menjadi dambaan bagi tiap insan. Tidak mudah untuk merawat dan menjaga rambut agar tidak rontok dan tidak berketombe. Eits, jangan risau jika masih mengalaminya. Yuk kenali penyebab serta cara menghilangkan rambut rontok dan ketombe, salah satunya bisa menggunakan bahan alami lhoo..

Ketombe

Masih terjebak dengan rambut berketombe? Pada umumnya penyebab dari ketombe bisa disebabkan karena beberapa faktor, mulai dari adanya minyak yang berlebih pada kulit kepala, perubahan hormon, kurang memperhatikan kebersihan rambut, adanya infeksi jamur, dermatitis seboroik, psoriasis, serta sensitif dengan kandungan tertentu pada penggunaan sampo. 

Rambut Rontok

Siapa sih yang nggak sebel punya rambut rontok, seringkali menjadi masalah utama pada rambut. Adapun penyebab dari rombot rontok ini pun beragam, diantaranya kurang asupan gizi, stress, faktor usia, efek samping penggunaan obat tertentu, perubahan pada hormon dan pola hidup yang buruk.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe

Ada berbagai cara untuk menghilangkan rambut rontok dan ketombe dengan menggunakan bahan-bahan alami, apa saja?Yuk simak penjelasannya di bawah ini

  1. Jahe







Bumbu dapur satu ini, selain bermanfaat untuk menghilangkan bau amis pada olahan ikan dan juga sebagai penyedap masakan, ternyata memiliki khasiat lain yaitu mampu memperlancar aliran darah sehingga folikel rambut dapat bekerja secara maksimal untuk pertumbuhan rambut. Kandungan asam lemak esensial pada jahe mampu mencegahpenipisan atau kerontokan rambut serta sebagai antiseptik untuk mengatasi masalah ketombe.

Caranya cukup dengan parut 1 sendok makan jahe dan tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun, lalu campur rata. Setelah itu, gosokkan secara perlahan ke bagian kulit kepala dengan Gerakan memutar lembut dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan sampo hingga bersih.

  1. Minyak Kelapa

Sifat antimikroba yang terdapat dalam minyak kelapa disebut-sebut mampu mengusir jamur penyebab infeksi pada kulit kepala. Caranya dengan menggunakan dua sendok makan minyak kelapa, kemudian pijat ke area kulit kepala secara perlahan dan diamkan selama satu jam, setelah itu bilas sampai bersih dengan minyak diangkat semua.

  1. Lidah Buaya

Bahan alami berikutnya adalah lidah buaya. Lidah buaya sendiri memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang bermanfaat untuk mengatasi ketombe dan mengurangi peradangan serta mengendalikan infeksi penyebab rambut rontok. Caranya cukup oles gel tanaman lidah buaya langsung ke kulit kepala secara rutin untuk menghilangkan ketmbe dan rambut rontok.

  1. Jus Lemon

Sifat asam yang terdapat pada jus lemon dapat membantu alkalize kulit kepala untuk memproduksi sebum berlebih. Caranya cukup gunakan dua buah lemon dan dua cangkir air, campurkan kedua bahan tersebut. Setelah itu pijat secara perlahan area kulit kepala dan rambut. Diamkan selama lima menit, kemudian bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin dengan dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

  1. Masker Rambut Pisang

Buah pisang memang memili beragam manfaat, salah satunya dapat menghaluskan rambut dan mengatasi ketombe. Caranya sipkan dua buah pisang yang matang, tambahkan dengan satu sendok makan madu, satu sendok makan perasan jeruk lemon, satu sendok makan untuk minyak zaitun. Kemudian campurkan semua bahan hingga rata, lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut. Lalu erikan pijatan secara perlahan dan diamkan selama 45 menit, terakhir bilas dengan air.