Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Ciri Ciri Kolesterol Tinggi? Chek di Sini!

 


Halo Sobat Dfv, kolesterol menjadi salah satu penyakit akut yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu sangatlah penting bagi kita untuk bisa mengetahui apa ciri ciri kolesterol tinggi ? yuk simak artikel berikut.

Apa ciri ciri kolesterol tinggi?

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang jarang disadari gejalanya. Tidak heran, jika pada beberapa kasus tertentu kolesterol sudah merambah menjadi penyakit komplikasi.

Sebenarnya kolestrol adalah zat yang baik untuk serta dibutuhkan tubuh. Zat tersebut digunakan untuk membentuk membran sel, hormon rertentu, dan vitamin D. Namun, jika kadarnya melewati batas normal, dapat berbahaya untuk kesehatan.

Untuk mengetahui ciri ciri badan terkena kolesterol simak uraian di bawah ini.

Ciri Ciri Ada Kolesterol Tinggi

Ciri ciri badan terkena kolesterol, biasanya disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat. Seperti: suka makan atau minum yang berminyak-minyak, minum-minuman berakohol, merokok, dan kurang olahraga.

Sebagaimana yang telah disinggung di atas. Gejala kolesterol sering tidak disadari karena tidak menimbulkan rasa sakit. Tahunya ketika setelah kolesterol menumpuk di pembuluh darah atau arteri. Endapan-endapan inilah yang menyebabkan aliran ke darah menjadi kurang lancar. Sehingga mengakibatkan masalah kesehatan.

Berikut beberapa ciri ciri badan terkena kolesterol yang harus diwaspadai.



1. Nyeri Dada

Nyeri dada yang sering dan berlebih, biasanya menjadi indikasi adanya kolesterol yang cukup tinggi di dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan adanya penumpukan plak di pembuluh darah jantung.

Jika menemukan serangan tersebut, langkah terbaik segera memeriksakan ke dokter. Sehingga dapat melakukan penanganan cepat serta bisa mengambil tindakan dini untuk memulai hidup sehat.

2. Leher Pegal

Kolesterol yang sudah tinggi, membuat aliran pembuluh darah terhambat. Termasuk pula sirkulasi darah ke area leher dan kepala. Sehingga hal tersebut membuat pundak terasa pegal. Bahkan seolah seperti ditumpuki beban yang sangat berat.

Pada beberapa kasus, seseorang sampai merasa kesulitan untuk menengok karena sangking kaku pundaknya. Jika sudah pada tahap ini, perlu waspada dan mulai mengurangi hal-hal yang memicunya.

3. Nyeri Kaki

Ciri ciri badan kolesterol tinggi yang seperti ini sering dianggap penyakit nyeri kaki biasa. Karena memang pada kenyataannya, sebagian besar orang sering mengalami nyeri kaki. Misal kecapaikan karena habis jalan kaki yang cukup jauh, dan lain sebagainya. Sehingga tanda-tandanya sering terabaikan.

Sama seperti serangan di area pundak dan dada. Kolesterol di kaki juga diakibatkan oleh penumpukan plak yang ada di pembuluh darah.

4. Mudah Lelah

Ciri ciri badan terkena kolestor yang selanjutnya yaitu mudah merasa lelah. Padahal tidak melakukan aktifitas berat. Karena adanya sumbatan atau hambatan aliran darah ke tubuh, sehingga penderitanya gampang merasa tidak enak badan.

Ciri-ciri yang cukup mencolok, diantaranya: mudah terserang sakit kepala, mudah ngantuk, susah konsentrasi, dan terkadang merasa linglung, pikiran kosong, dan seperti tidak ada daya dan kekuatan di dalam tubuh.



5. Sering Sakit di Area Persendian

Kolesterol yang udah cukup tinggi, biasanya membuat persendian merasa gampang ngilu, nyeri, dan sakit. Biasanya permasalahan tersebut disertai dengan kemerahan dan pembengkakan. Bahkan sering terserang kesemutan. Terutama ketika bangun tidur.

Berdasarkan catatatn ilmu kesehatan, kolesterol yang sudah terkategori tinggi berada diangka lebih dari 240 miligram perdesiliter darah. Sedangkan kadar normal kolesterol untuk orang dewasa berkisar 160 sampai 200 miligram per desiliter.

Ciri ciri badan terkena kolesterol perlu menjadi perhatian. Dengan begitu, ketika mengetahui ada satu atau lebih indikasi tersebut dapat segara memeriksakan diri ke pada para ahlinya atau pakar kesehatan. Sehingga tidak mengalami keterlambatan penanganan.