Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Diet Sehat Alami dan Cepat Menurunkan Berat Badan

 


Cara diet sehat alami dan cepat menurunkan berat badan merupakan salah satu topik yang cukup banyak diburu orang. Terutama kaum perempuan. Berat badan yang berlebih selain mengganggu penampilan juga tidak baik untuk kesehatan. 

Untuk orang-orang yang memiliki perawakan mudah gemuk, menurunkan berat badan memang gampang-gampang susah. Walaupun makannya sudah diminimalisir sedemikian rupa, tetapi tetap tidak ada penyusutan angka ketika berada di atas timbangan. 

Aturan Diet Sehat

Sebenarnya, rumus dasar diet bukan berada pada porsi makan yang sedikit. Melainkan tentang penerapan pola hidup sehat. Jika makannya terlalu sedikit dan tidak mencukupi kebutuhan tubuh, bukan badan ideal yang didapatkan. Melainkan kekurangan energi dan rentan terserang penyakit. Berikut beberapa cara diet sehat yang benar. 

1. Sarapan dengan Makanan yang Sehat

Sebagian orang berpikir bahwa dengan tidak sarapan tubuh akan mudah kurus. Itu pemikiran yang salah. Justru ketika tidak sarapan, tubuh akan mudah lemas, letih, dan tidak bisa melakukan aktifitas secara maksimal. Karena ia kekurangan energi.

Yang menjadi garis besarnya bukan terletak pada sarapannya. Melainkan apa yang dimakan. Menu yang baik untuk sarapan, diantaranya; mengandung protein, buah-buahan, sayur-sayuran, susu, telur, kacang, dan karbohidrat kompleks. 

2. Makan Makanan yang Tinggi Serat

Cara diset sehat alami, yang tidak kalah penting untuk diterapkan adalah mengkonsumsi makanan berserat. Selain bagus untuk pencernaan, serat juga membuat awet kenyang. Dengan begitu, frekuensi menyemil perlahan dapat berkurang. 

Makanan-makanan yang tinggi serat larut diantaranya: brokoli, kacang-kacangan, apel, wortel, ubi, buah naga, alpukat, oat, buah ara, dan jambu biji. 



3. Hindari Makanan Olahan

Di zaman yang serba praktis seperti saat ini, sangat mempengaruhi pola perilaku seseorang. Termasuk pula dalam hal mengkonsumsi makanan. Orang-orang sekarang cenderung menyukai hal-hal yang instan dan cepat.

Padahal makanan-makanan yang cepat saji seperti ini, jika dikonsumsi secara terus menerus memberikan dampak kurang baik untuk kesehatan. Karena di dalamnya terdapat beberapa kandungan kimiawi yang notabene untuk membuat makanan agar bertahan lama dan awet. 

Contoh makanan cepat saji yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan dan sering, seperti; mie instan, makanan berkaleng, daging olahan, makanan frozen, dan lain sebagainya. 

4. Mengkonsumsi Prebiotik

Cara diet sehat alami dan cepat menurunkan berat badan yang selanjutnya adalah mengkonsumsi prebiotik. Fungsi daripada prebiotik yaitu untuk menyeimbangkan bakteri yang ada di usus. Dengan begitu, penceraan akan bekerja secara sehat dan optimal. 

Pada dasarnya, pencernaan atau kesehatan usus sangat mempengaruhi berat badan. Pencernaan yang baik dapat membantu memanagemen atau menyeimbangkan jumlah bakteri baik yang dapat membentuk berat tubuh ideal.

5. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup sangat berperan dalam menjaga berat badan. Orang yang tidurnya buruk, selain berpengaruh terhadap kesehatan tubuh juga sangat berpengaruh terhadap berat badan. Karena secara tidak disadari, kualitas tidur yang kurang akan mengganggu fluktuasi hormon nafsu makan.

Berdasarkan penelitian, orang yang kekurangan tidur cenderung mudah lapar, selalu ingin ngemil, dan seolah tidak punya rasa kenyang. Akhirnya berat badannya meningkat cukup drastis. 

6. Olahraga

Cara diet sehat alami selanjutnya yaitu rutin berolahraga. Sebagian besar orang sudah tahu tentang manfaat olahraga. Namun, tidak sedikit pula yang malas melakukannya. Dengan mempraktikkan olahraga secara rutin, bukan hanya badan saja yang terbentuk ideal. Melainkan juga kesehatannya. 

Olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan, diantaranya: lari, olah raga kardio, angkat beban, olah raga yang melatih ketahanan tubuh, dan lain sebagainya. 

Cara diet sehat alami tersebut dapat dijadikan referensi agar proses diet mendapatkan hasil secara optimal.